Kamis, 14 Januari 2016

SHARE APLIKASI WAKTU RENTAL PS FORMAT EXCEL

Excel sebenarnya sangat menarik jika di dalami, kita bisa melakukan dan membuat sesuatu yang luar biasa jika kita benar-benar menguasainya. Seperti yang saya posting sekarang ini, yaitu Penghitung Waktu Rental PS. Apa sih kegunaan aplikasi ini?
sebelumnya aplikasi lebih tepatnya form ini, berawal dari coba-coba untuk membantu teman yang kesulitan menentukan siswa waktu pelanggannya saat terjadi pemadaman lampu secara tiba-tiba, agar tidak capek dalam menaksir, menduga-duga serta mencatat dan melakukan perhitungan yang butuh logika tinggi (hehe) AKHIRNYA saya menemukan formula ini di excel. cara menggunakannya pun gampang sekali cukup menentukan waktu pelanggan bermain, form ini akan otomatis menentukan jam pelanggan selesai bermain. dan jika terjadi pemadaman listrik tiba-tiba. User hanya perlu menyetel/menginput jam terjadinya pemadaman sehingga siswa waktu pelanggan akan terlihat.
Contohnya, pada gambar di atas. Mastwan bermain selama 1 jam, maka pada kolom waktu main diinputkan H (Hours) = 1 dan M(minute) = 0 (Jika dia bermain 90 menit, input H=1, M=30)
Inputkan jam Mastwan saat mulai bermain (Misalnya, pukul 7:53 ) maka waktu selesainya otomatis menjadi pukul 8:53. Dan jika terjadi pemadaman listrik pada pukul 8:33. maka inputkan pada kolom Jam Mati Lampu. maka pada kolom sisa waktu akan terlihat sisa waktunya.

Sebelumnya pada sheet SETTING, di setting dulu pembayaran yang akan dilakukan
Jika per-JAM nya konstan gunakan pemabayaran *
Jika pembayarannya tidak menentu ( Misalnya 30 menit = Rp1500, 50 menit=Rp2000, 60 menit =Rp2500)
maka gunakan tipe **

Yang berminat formnya silahkan di klik aja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar